Kaitan antara srategi perhitungan dan struktur arsitektur.
arsitektur itu menyiratkan stuktur tapi struktur belum tentu menyiratkan arsitektur. Banyak orang-orang berfikir bahwa membangun sebuah struktur berarti membangun arsitektur. Bagaimanapun struktur tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya arsitektur. struktur tergabung dalam konsep yag penting. dalam menyelesaikan sebuah problem arsitektur maka harus menyelesaikan persoalan struktur.
Saat ini, sudah ditemukan sebuah strategi dalam menciptakan struktur arsitektur. Yaitu strategi perhitungan struktur untuk menciptakan bentuk-bentuk arsitektur yang lebih beragam. Keuntungan dengan menggunakan perhitungan stuktur ini adalah kita mampu memperhitungkan bagaimana keoptilmalan dan efektivitas struktur. Nah, keunggulan adanya strategi Perhitungan ini adalah selain mampu memantik kereativitas untuk membuat bentuk-bentuk yang bebas juga kemampuannya dalam menjelaskan bentuk-bentuk yang kompleks secara matematik dengan kurva dan yang kompleks pula telah menghasilkan berbagai percobaan dimana inialh keuntungan dengan adanya teknologi ini. salah satunya dengan menggunakan sistem moden CAD. Dan sekarang kita dapt lihat bahwa banyak teknik-teknik arsitektural yang menarik menjembatani antara geomteri kompleks yang ideal dan menciptakannya.
Nah, Bentuk merupakan wujud proses penciptaan ataupu perakitan. Sebuah mur dan baut dalam sebuah sistem struktur akan membentuk sebuah bentuk arsitektur . namun jika hanya mengedepankan detil tidak akan membuat arsitektur yang hebat . jadi bagaimana strategi perhitungan ini membantu menggabungkan antara bentuk, struktur, dan ekspresi material serta prosesnya.
Adalah sebuah hal yang penting dalam melakukan pendekatan isu terhadap teknik untuk meningkatkan kualitas produk. Contohnya “automataed design” diman proses akan menciptakan sebuah bentuk arsitektur. Ada juga sebuah sistem yang dinamakan optimisation untu memecahkan problem-problem yang sering dijumpai oleh pada desainer. Diantaranya, bagaimana menemukan sebuah hubungan yang terpendek antara posisi yang bersebrangann pada sebuah bidang datar. Bahkan masalah dalam penentuan jarak lebih kompleks lagi dan butuh berbagai variabel dalam mengevaluasinya. Bagaimanapun juga kita harus mengerti benar tentang ilmu mekanikal dan matematika karena perhitungan ini sangat bergantung pada kedua hal ini.

Disini diambil sebuah contoh mengenai sebuah bangunan bernama the pinnacle-bishop gates tower. Bangunan ini tercipta dengan bentuk melengkung. Mengapa hal ini bisa terjadi?? Bentuk-bentuk sperti inidapat terbentuk setelah dilakukan sebuah analisis struktur dan perhitungannya. bagaimana mengkombinasikan antara kolom dan balok, seberapa banyak kolom yang diigunakan, bagaimanamenentukan proporsi yang tepat agar mampu menahan beban angin . Jangan sampai bentuk-bentuk yang kta ciptakan seunik apapun namun apabila tidak memenuhi standar struktur yang tepat maka sama saka membangun istana pasir diatas air. Nah lho. Nah itu semua dihitung dalam perhitungan struktur. Bangunan yang besar lebih tidak stabil dari bangunan yang kecil. Semakin besar bangunan maka akan membutuhkan kekuatan struktur yang lebih besar. Perhitungan ini tentunya menggunakan Dengan grafik dan perhitungan strukur menggunakan rumus yang tentunya sudah terintegrasi dalam program komputer.Sekali lagi, berfikir desain bukan berarti harus mendikotomikan antara strukur dan arsitektur, namun bagaimana kita mampu mengkombinasikan keduanya menghasikan sebuab bentuk yang bervariasi lagi.
Second discussion in digital architectur class/